Rabu, 19 Maret 2014

makalah Pendekatan pembelajaran SPE


Kelompok 1
Makalah Strategi pembelajaran 
“ Pendekatan Pembelajaran “
Disusun Oleh kelompok 4 :
1. Putri Erfi Andespa
2. Revi Oktavia
3. Rahmat Ramadhan
4. Audina Suwandi
5. Putri Ananda
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013 / 2014
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Y.M.E. Atas berkat-Nya lah makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini berisi penjelasan tentang Pendekatan Pembelajaran.
Data-data yang dimuat dalam makalah ini berasal dari berbagai situs internet dan buku. Kami berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin data-data terbaik untuk diberikan kepada pembaca semuanya. Dan jika ada kekurangan atau kesalahan di dalam isi makalah ini, kami mohon maaf.
kami juga mengucapkan terima kasih secara khusus kepada ibu selaku pembina kami karena penjelasan yang ibu berikan sangat membantu dalam penyelesaian makalah kami ini.. Melalui makalah ini, diharapkan mampu mendiskripsilka,mengimplementasikan pilar - pilar pendidikan.
Padang, 03 Maret 2014
  Penulis 
BAB I
PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang.
Pendekatan adalah sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan ini masih bersifat umum, strategi dan metode yang digunakan dapat bersumber atau tergantung dari pendekatan tertentu. Contoh pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centre), pendekatan ini menurunkan strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran deduktif atau strategi pembelajaran ekspositori.
Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran juga merupakan aktivitas guru di dalam memilih kegiatan pembelajaran, apakah guru akan menjelaskan suatu materi pembelajaran yang sudah tersusun dalam urutan tertentu, ataukah dengan menggunakan materi yang terkait satu dengan lainnya dalam tingkat kedalaman yang berbeda, atau bahkan merupakan materi yang terintegrasi dalam suatu kesatuan multi disiplin ilmu.
Syaiful Sagala (2003:71-94) membagi pendekatan atas delapan kelompok, yaitu pendekatan konsep, pendekatan proses, pendekatan deduktif, pendekatan induktif, pendekatan ekspositori, pendekatan heuristik, pendekatan kecerdasan, dan pendekatan konstektual.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.2.1 Apakah Pendekatan konsep dan proses itu.?
1.2.2 Apakah Pendekatan deduktif dan induktifitu ?
1.2.3 Apakah Pendekatan ekspositori dan heuristik itu ?
1..2.4 pakah Pendekatan Kecerdasan itu ?
1.2.5 Apakah Pendekatan Kontekstual itu ?
1.3 TUJUAN MASALAH.
1.3.1 Mengetahuai Pendekatan konsep dan proses.
1.3.2 Pendekatan deduktif dan induktif.
1.3.3 Pendekatan ekspositori dan heuristik.
1.3.4 Pendekatan Kecerdasan.
1.3.5 Pendekatan Kontekstual.
BAB II
   PEMBAHASAN
2.1 Pendekatan konsep dan proses
2.1.1 Pendekatan Konsep 
Pendekatan konsep adalah suatu pendekatan pengajaran yang secara langsung menyajikan konsep tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati bagaimana konsep itu diperoleh. Konsep merupakan buah pemikiran seseorang atau sekelompok orang yang dinyatakan dalam defenisi sehingga menjadi produk pengetahuan yang meliputi prinsip-prinsip, hukum, dan teori. Konsep diperoleh dari fakta, peristiwa, pengalaman melalui generalisasi, dan berpikir abstrak. Konsep dapat mengalami perubahan disesuaikan dengan fakta atau pengetahuan baru, sedangkan kegunaan konsep adalah menjelaskan dan meramalkan.
Pendekatan pembelajaran ini oleh para ahli pendidikan didasarkan pada pola pengorganisasian bahan pengajaran, yang meliputi pengajaran linier dan pengajaran komulatif. Pengajaran linier materi bidang studi terbagi atas urutan linier dengan kedalaman yang sama, pendekatan linier ini seringkali membuat murid cepat bosan dan sukar mengingat fakta atau konsep yang diajarkan. Pada pendekatan komulatif konsep tersebut diorganisasikan menurut urutan tertentu dengan jenjang kesulitan yang berbeda, yaitu meningkat. Jumlah unit yang diajarkan tidak sebanyak pendekatan linier, bahan ajar yang berupa konsep dan fakta menjadi banyak berkurang dibandingkan pada pendekatan dengan pengajaran linier. Pada pendekatan komulatif, pemahaman konsep atau fakta lebih ditekankan sebagai suatu pengertian konsep mendalam dan menyeluruh.
2.1.2Pendekatan Proses
Pendekatan proses adalah suatu pendekatan pengajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut menghayati proses penemuan atau penyususunan suatu konsep sebagai suatu keterampilan proses. Pembelajaran dengan menekankan kepada belajar proses dilatarbelakangi oleh konsep-konsep belajar “Naturalisme-Romantis” dan teori “Kognitif Gestalt”. Natualisme-Romantis menekankan kepada aktivitas siswa, sedangkan Kognitif Gestalt menekankan pemahaman dan kesatupaduan yang menyeluruh. Pendekatan proses di dalam pembelajaran dikenal pula sebagai keterampilan proses, guru menciptakan bentuk kegiatan pengajaran bervariasi, agar siswa terlibat dalam berbagai pengalaman. Siswa diminta untuk merencanakan, melaksanakan, dan menilai sendiri suatu kegiatan. Siswa melakukan kegiatan percobaan, pengamatan, pengukuran, perhitungan, dan membuat kesimpulan sendiri.
Dalam pendekatan proses ini, siswa tidak hanya belajar dari guru, tetapi juga dari sesama temannya, dan dari manusia-manusia sumber di luar sekolah. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan proses adalah: 
(1) mengamati gejala yang timbul, 
(2) mengklasifikasikan sifat-sifat yang sama, 
(3) mengukur besaran-besaran yang bersangkutan, 
(4) mencari hubungan antar konsep-konsep yang ada, 
(5) mengenal adanya suatu masalah, merumuskan masalah, 
(6) memperkirakan penyebab suatu gejala, merumuskan hipotesa, 
(7) meramalkan gejala yang mungkin akan terjadi, 
(8) berlatih menggunakan alat-alat ukur, 
(9) melakukan percobaan, 
(10) mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data, 
(11) berkomunikasi, dan 
(12) mengenal adanya variabel, mengendalikan suatu variabel.
Pelaksanaan proses dimulai dari yang sederhana, selanjutnya diikuti proses yang lebih kompleks. Keunggulan pendekatan proses adalah:
a. Memberi bekal cara memperoleh pengetahuan, hal yang sangat penting untuk pengembangan pengetahuan dan masa depan.
b. Pendahuluan proses bersifat kreatif, siswa aktif, dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan cara memperoleh pengetahuan.
Sedangkan kelemahannya adalah :
a. Memerlukan banyak waktu sehingga sulit untuk dapat menyelesaikan bahan pengajaran yang ditetapkan dalam kurikulum.
b. Memerlukan fasilitas yang cukup baik dan lengkap sehingga tidak semua sekolah dapat menyediakannya.
c. Merumuskan masalah, menyusun hipotesis, merancang suatu percobaan untuk memperoleh data yang relevan adalah pekerjaan yang sulit, tidak setiap siswa mampu melaksanakannya.
Menurut para ahli  psikologi pemprosesan informasi menguraikan peristiwa-peristiwa psikologi sebagai stranformasi-stranformasi informasi dari input ke ouput. Di samping itu juga pendekatan proses ini menggambarkan bahwa kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah bersifat formal. Proses pembelajaran disengaja dan direncanakan dengan bimbingan guru dan pendidik lainnya agar siswa mencapai tujuan dan menguasai bahan pelajaran yang diberikan guru sesuai kurikulum yang ada.
2.2 Pendekatan deduktif dan induktif
2.2.1 Pendekatan Deduktif
Pendekatan deduktif adalah proses penalaran yang bermula dari keadaan umum ke keadaan khusus, sebagai pendekatan pengajaran yang bermula dengan menyajikan aturan, prinsip umum diikuti contoh-contoh khusus atau penerapan aturan prinsip umum ke dalam keadaan khusus. Langkah-langkah yang dapat digunakan dalam pendekatan deduktif pada pembelajaran adalah: 
(1) memilih konsep, prinsip, aturan yang akan disajikan dengan pendekatan deduktif, 
(2) menyajikan aturan, prinsip yang bersifat umum lengkap dengan  defenisi dan buktinya, 
(3) disajikan contoh-contoh khusus agar siswa dapat menyusun hubungan antara keadaan khusus itu dengan aturan prinsip umum, dan 
(4) disajikan bukti-bukti untuk menunjang atau menolak kesimpulan bahwa keadaan khusus itu merupakan  gambaran dari keadaan umum.
Sedangkan berpikir deduktif  disebut juga berpikir dengan menggunakan silogisme terdiri dari tiga preposisi statement yang terdiri dari “premise” yaitu dasar penarikan kesimpulan sebagai pernyataan akhir yang mengandung suatu kebenaran. Berpikir deduktif prosesnya berlangsung dari yang umum menuju ke yang khusus. Dalam berpikir deduktif ini orang bertolak dari suatu teori, prinsip, ataupun kesimpulan yang dianggap benar dan sudah bersifat umum. Dari situ diterapkan kepada fenomena-fenomena yang khusus, dan mengambil kesimpulan khusus yang berlaku bagi fenomena tersebut.
2.2.2 Pendekatan Induktif
Berpikir induktif ialah suatu proses dalam berpikir yang berlangsung dari khusus menuju ke yang umum. Orang mencari ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu dari berbagai fenomena, kemudian menarik kesimpulan bahwa ciri-ciri atau sifat-sifat itu terdapat pada semua jenis fenomena. Dalam konteks pembelajaran pendekatan induktif adalah pendekatan pengajaran yang bermula dengan menyajikan sejumlah  keadaan khusus kemudian dapat disimpulkan menjadi suatu fakta, prinsip atau aturan.
Langkah-langkah yang dapat digunakan dalam pendekatan induktif adalah: (1) memilih konsep, prinsip, aturan yang akan disajikan dengan pendekatan induktif, 
(2) menyajikan contoh-contoh khusus konsep, prinsip, atau aturan yang memungkinkan siswa memperkirakan (hipotesis) sifat umum yang terkandung dalam contoh-contoh itu, 
(3) disajikan bukti-bukti yang berupa contoh tambahan untuk menunjang atau menyangkal perkiraan itu, dan 
(4) disusun pernyataan mengenai sifat umum yang telah terbukti berdasarkan langkah-langkah yang terdahulu.
2.3 Pendekatan ekspositori dan heuristik
2.3.1 Pendekatan Ekspositori
Pendekatan ini berdasarkan pada pandangan bahwa tingkah laku kelas dan penyebaran pengetahuan dikontrol dan ditentukan oleh guru. Hakekat mengajar menurut pendekatan ini adalah menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Siswa dipandang sebagai objek yang menerima apa yang diberikan oleh guru. Biasanya guru menyampaikan informasi mengenai bahan pengajaran dalam bentuk penjelasan dan penuturan secara lisan, yang dikenal dengan istilah kuliah atau ceramah. Dalam pendekatan ini siswa diharapkan dapat menangkap dan mengingat informasi yang telah diberikan guru, serta mengungkapkan kembali apa yang dimilikinya melalui respon yang ia berikan pada saat diberikan pertanyaan oleh guru.
Secara garis besar prosedurnya ialah: 
(1) persiapan, yaitu guru menyiapkan bahan selengkapnya secara sistematik dan rapi, 
(2) pertautan (aperception) bahan terdahulu, yaitu guru bertanya atau memberikan uraian singkat untuk mengarahkan perhatian  siswa kepada materi yang telah diajarkan, 
(3) penyajian terhadap bahan yang baru, yaitu guru menyajikan dengan cara memberi ceramah atau menyuruh siswa membaca bahan yang telah dipersiapkan diambil dari buku, teks tertentu yang ditulis oleh guru, dan 
(4) evaluasi, yaitu guru bertanya dan siswa menjawab sesuai dengan bahan yang dipelajari, atau siswa yang disuruh menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri pokok-pokok yang telah dipelajari secara liasan atau tulisan.
Pendekatan ekspositori digunakan guru untuk menyajikan bahan pelajaran secara utuh atau menyeluruh, lengkap, dan sistematis dengan penyampaian secara verbal. Dengan demikian pendekatan ekspositori ini merupakan proses belajar yang berorientasi pada prinsip belajar tuntas (mastery learning).
2.3.2 Pendekatan Heuristik
Kata heuristik berasal dari bahasa Yunani, yaitu “heuriskein” yang berarti “saya menemukan”. Metode heuristik ini dipromosikan oleh Amstrong abad ke 19, menurut metode ini peserta didik sendiri yang harus menemukan fakta ilmu pengetahuan. Pendekatan heuristik adalah pendekatan pengajaran yang yang menyajikan sejumlah data dan siswa diminta untuk membuat kesimpulan menggunakan data tersebut, implementasinya dalam pengajaran menggunakan metode penemuan dan metode inkuiri. Metode penemuan didasarkan pada anggapan bahwa materi suatu bidang studi tidak saling lepas, tetapi ada kaitan antara materi-materi tersebut.
Prinsip pendekatan heuristik adalah: 
(1) aktivitas siswa menjadi fokus perhatian utama dalam belajar, 
(2) berpikir logis adalah cara yang paling utama dalam menemukan sesuatu, 
(3) proses mengetahui dari sesuatu yang sudah diketahui menuju kepada yang belum diketahui adalah jalan pelajaran yang paling rasional dalam pelajaran di sekolah, 
(4) pengalaman yang penuh tujuan adalah tonggak dari usaha pembelajaran siswa ke arah belajar berbuat, bekerja, dan berusaha, dan 
(5) perkembangan mental seseorang berlangsung selama ia berpikir dan belajar mandiri. Dengan prinsip ini menunjukkan bahwa pendekatan heuristik dapat mendorong siswa bersikap berani untuk berpikir ilmiah dan mengembangkan berpikir mandiri.
Pendekatan heuristik ini mempunyai kelemahan antara lain adalah : 
(1) tidak semua siswa cocok dengan pendekatan ini, kadang-kadang siswa lebih senang diberi pelajaran oleh gurunya melalui ceramah dan tanya jawab, 
(2) guru kurang biasa menggunakan pendekatan ini di dalam pembelajaran disekolah karena faktor kemampuan, 
(3) pendekatan ini kurang cocok bagi siswa yang lamban, dan 
(4) pendekatan ini menuntut perlengkapan yang memadai, terutama bagi pekerjaan di laboratorium.
Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan di atas, maka prosedur heuristik untuk menemukan jawaban dilakukan dengan cara tidak ketat, misalnya menganjurkan siswa-siswa menemukan jawaban atas masalah pelik dengan memikirkan masalah yang ada persamaannya yang lebih sederhana atau berpikir secara analogi, berdasarkan simetri, atau dengan melukiskannya atau membuat diagram. Siswa dibimbing oleh guru agar menemukan sendiri konsep yang dicari, tetapi konsep itu belum tentu telah diketahui oleh guru sebelumnya.
2.4 Pendekatan Kecerdasan
Munzert, A.W. (1994) mengartikan kecerdasan sebagai sikap intelektual mencakup kecepatan memberikan jawaban, penyelesaian, dan kemampuan memecahkan masalah. Kemudian David Weschler memberi rumusan tentang kecerdasan sebagai suatu kapasitas  umum dari individu untuk bertindak, berpikir rasional,  dan berinteraksi dengan lingkungan secara efektif. Sedangkan Howard Gardner yang terkenal dengan kecerdasan gandanya, menganggap kecerdasan sebagai kemampuan memecahkan masalah  atau menciptakan produk dan kecerdasan tersebut dapat dikembangkan serta tidak bersifat tetap.
Gardner sebagai pencetus Theory of Multiple Intelligences menyatakan bahwa kecerdasan adalah bahasa-bahasa yang dibicarakan oleh semua orang dan sebagian dipengaruhi oleh kebudayaan tempat seseorang dilahirkan. Kecerdasan merupakan alat untuk belajar, menyelesaikan masalah, dan menciptakan semua hal yang bisa digunakan manusia. Gardner (dalam Hamzah, 2009:11) mendeskripsikan delapan  kecerdasan manusia, yaitu: 
(1) kecerdasan linguistik (linguistic intelligences), 
(2) kecerdasan logika-matematis (logical-mathematical intelegences), 
(3) kecerdasan spasial (spatial intelligences), 
(4) kecerdasan badani-kinestetik (body-kinesthetic intelligences), 
(5) kecerdasan musikal (musical intelligences), 
(6) kecerdasan interpersonal (interpersonal intelligences), 
(7) kecerdasan intrapersonal (intrapersonal intelligences) dan 
(8) kecerdasan naturalis (naturalist intelegences).
Selanjutnya Daniel Goleman mengemukan kecerdasan dengan kecerdasan emosi (Emotional Quotient) yang disingkat EQ. Menurut pendapatnya kecerdasan emosi adalah kemampuan individu dalam menggunakan atau mengelola emosinya secara efektif untuk mencapai tujuan, membangun hubungan yang produktif dengan orang lain dan meraih keberhasilan (ditempat kerja). Selanjutnya menurut Daniel Goleman bahwa IQ akan dapat bekerja secara efektif apabila seseorang mampu memfungsikan kecerdasan emosinya. Intelegence Ouotien (IQ) hanyalah merupakan satu unsur pendukung keberhasilan seseorang, keberhasilan itu akan tercapai tergantung kepada kemampuan seseorang itu menggabungkan antara IQ dan EQ.
Kecerdasan emosi mencakup semua sikap atau kemampuan pribadi (Personal Competence) seperti: 
(1) Mengenali emosi diri/kesadaran diri (Self Awarenes), 
(2) Mengelola emosi/Pengaturan Diri (Self Regulation), 
(3) Motivasi diri (Self Motivation), 
(4) Mengenal emosi orang lain/Empati (Social Awarenes), dan 
(5) Membina hubungan sosial (Social Skill).
Kecerdasan spiritual (spiritual intelegence) menurut Danah Zohar dan Ian Marshall (2000) berkenaan dengan kecakapan internal, bawaan dari otak dan psikis manusia, menggambarkan sumber yang paling dalam dari hati semesta itu sendiri. Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan rohaniah, yang menuntun diri kita menjadi manusia yang utuh , berada pada bagian yang paling dalam dari diri kita, terkait dengan kebijaksanaan  yang berada di atas ego. Kecerdasan spritual adalah kecerdasan  yang bukan saja mengetahui nilai-nilai yang ada, tetapi juga secara kreatif menemukan nilai-nilai baru.
Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif, yaitu memfasilitasi suatu dialog antara akal dan emosi. Kecerdasan emosi (EQ) tidak bisa menjembatani kesenjangan antara emosi-emosi. Demikianlah bahwa Tuhan menciptakan manusia dilengkapi dengan tiga potensi dasar IQ, EQ, dan SQ tinggal bagaimana kita mengelolanya.
Menilik beragamnya kecerdasan manusia, menjadi peran guru dan konselor amat penting untuk memberikan arahan pada apa yang cocok dan sesuai bagi siswanya. Oleh karena itu pelayanan belajar di sekolah yang difasilitasi oleh pemerintah merupakan bagian dari jaminan kualitas. Karena jaminan kualitas ini yang akan memberi arah kepada para siswanya untuk mampu bertahan dan juga mampu berkembang sesuai potensi kecerdasannya.
2.5 Pendekatan Konstektual
Pendekatan konstektual (Contextual Teaching and Learning) disingkat CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong  siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Sedangkan pembelajaran konstektual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi duna nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Menurut Depdiknas (2008, 6-7) pembelajaran kontekstual dengan pendekatan konstruktivisme dipandang sebagai salah satu strategi yang memenuhi prinsip pembelajaran berbasis kompetensi. Dengan lima strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning), yaitu relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferrini diharapkan peserta didik mampu mencapai kompetensi secara maksimal.
Tujuh konsep utama pembelajaran kontekstual, yaitu:
a.   Konstruktivisme (Constructivisme)
1.Belajar adalah proses aktif mengonstruksi pengetahuan dari abstraksi pengalaman alami maupun manusiawi, yang dilakukan secara pribadi dan sosial untuk mencari makna dengan memproses informasi sehingga dirasakan masuk akal sesuai dengan kerangka berpikir yang dimiliki
2. Belajar berarti menyediakan kondisi agar memungkinkan peserta didik membangun sendiri pengetahuannya
3. Kegiatan belajar dikemas menjadi proses mengonstruksi pengetahu-an, bukan menerima pengetahuan sehingga belajar dimulai dari apa yang diketahui peserta didik. Peserta didik menemukan ide dan pengetahuan (konsep, prinsip) baru, menerapkan ide-ide, kemudian peserta didik mencari strategi belajar yang efektif agar mencapai kompetensi dan memberikan kepuasan atas penemuannya itu.
b.   Menemukan (Inquiry)
1. Siklus inkuiri: observasi dimulai dengan bertanya, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, dan menarik simpulan.
2. Langkah-langkah inkuiri dengan merumuskan masalah, melakukan  observasi, analisis data, kemudian mengomunikasikan hasilnya
c.    Bertanya (Questioning)
1. Berguna bagi guru untuk: mendorong, membimbing dan menilai peserta didik; menggali informasi tentang pemahaman, perhatian, dan pengetahuan peserta didik.
2. Berguna bagi peserta didik sebagai salah satu teknik dan strategi belajar.
d.   Masyarakat Belajar (Learning Community)
1. Dilakukan melalui pembelajaran kolaboratif
2. Belajar dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil sehingga kemampuan sosial dan komunikasi berkembang
e.   Pemodelan (Modelling)
1. Berguna sebagai contoh yang baik yang dapat ditiru oleh peserta didik seperti cara menggali informasi, demonstrasi, dan lain-lain.
2. Pemodelan dilakukan oleh guru (sebagai teladan), peserta didik, dan tokoh lain.
f.     Refleksi (Reflection)
1. Tentang cara berpikir apa yang baru dipelajari
1. Respon terhadap kejadian, aktivitas/pengetahuan yang baru
2. Hasil konstruksi pengetahuan yang baru
3. Bentuknya dapat berupa kesan, catatan atau hasil karya
g.   Penilaian Sebenarnya (Autentic Assesment)
1. Menilai sikap, pengetahuan, dan ketrampilan
2. Berlangsung selama proses secara terintegrasi
3. Dilakukan melalui berbagai cara (test dan non-test)
4. Alternative bentuk: kinerja, observasi, portofolio, dan/atau jurnal
Sebuah kelas dikatakan menggunakan pendekatan konstektual, jika menerapkan konsep utama pembelajaran konstektual ini di dalam pembelajarannya. Penerapan pendekatan konstektual secara garis besar langkah-langkahnya adalah; 
(1) kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan menkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya,
(2) laksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri (menemukan) untuk semua pokok bahasan,
(3) mengembangkan sikap ingin tahu siswa dengan bertanya,
(4) menciptakan masyarakat belajar,
(5) menghadirkan model sebagai contoh pembelajaran,
(6) melakukan refleksi di akhir pertemuan, dan
(7) melakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara.
Dengan konsep ini, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa, proses pembelajaran lebih dipentingkan dari pada hasil, dimana siswa belajar mengkostruksi sendiri. Dalam konteks ini siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya, dalam status apa mereka, dan bagaimana mencapainya. Para siswa menyadari bahwa yang mereka pelajari akan berguna dan sebagai bekal hidupnya kemudian hari. Para siswa mempelajari apa yang bermanfaat bagi dirinya ddan berupaya menanggapinya, itulah sebabnya para siswa tersebut memerlukan tenaga pengajar yang profesional sebagai pengarah dan pembimbing mereka dalam belajar.
Berdasarkan penjelasan berbagai macam pendekatan di atas, maka diharapkan guru sebagai garda terdepan di dalam program mencerdaskan kehidupan bangsa ini harus bisa memilih pendekatan mana yang cocok digunakan di sekolahnya masing-masing. Karena tidak ada pendekatan, strategi, metode atau pun model yang cocok untuk semua kondisi yang ada atau diistilahkan dengan “pendekatan atau strategi atau metode sapu jagat”. Setiap sekolah pasti mempunyai kondisi yang berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya baik dari kemampuan siswa maupun sarana prasarana dan lain-lainnya.
BAB III 
PENUTUP
3.1 Kesimpulan.
Pendekatan adalah sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran.
Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran juga merupakan aktivitas guru di dalam memilih kegiatan pembelajaran, apakah guru akan menjelaskan suatu materi pembelajaran yang sudah tersusun dalam urutan tertentu, ataukah dengan menggunakan materiyang terkait satu dengan lainnya dalam tingkat kedalaman yang berbeda, atau bahkan merupakan materi yang terintegrasi dalam suatu kesatuan multi disiplin ilmu.
3.2 Saran 
Kita harus memahami pendekatan pendidikan ini masing - masing sehingga paracalon pendidik lebih bisa mengaplikasikannya di dunia pendidikan nantinya. Agar tidak sampai salahmemakai pendekatan dalam proses mengajar nanatinya.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas.2008. Pengembangan Model Pembelajaran Tatap Muka, Penugasan Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta.
Syaiful Sagala.2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Yatim Riyanto.2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Diposkan 13th August 2011 oleh rivblogger 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar